Cara Melihat Spesifikasi Komputer


Kali ini saya akan berbagi cara melihat spesifikasi komputer dengan fasilitas bawaan Windows.

Mengapa perlu mengetahui spesifikasi komputer? Silakan baca di artikel saya yang lain tentang pentingnya mengetahui spesifikasi komputer.

Baiklah, berikut caranya melihat spesifikasi komputer Anda.

  • Klik tombol Start
  • Sorot “Computer” lalu klik kanan, pilih “Properties”.
  • Perhatikan bagian yang saya beri kotak biru, berikut penjelasannya:
  1. Windows Edition – Ini adalah seri sistem operasi Windows yang Anda pakai. Dalam contoh ini, sistem operasi yang saya pakai adalah Windows 7 Ultimate Service Pack 1
  2. Processor – Ini adalah prosesor yang dipakai komputer Anda. Dalam contoh ini, prosesor saya adalah Intel Pentium Dual Core T4200 dengan kecepatan masing-masing core 2.00 GHz (Giga Hertz)
  3. Installed memory (RAM) – Ini adalah besar memori (RAM) komputer Anda. Biasanya orang sering bertanya, “berapa memori komputermu?”. Di bagian ini lah jawabannya.
  4. System type – Ini adalah tipe sistem operasi yang Anda pakai. Windows memiliki 2 tipe, yaitu 32 bit dan 64 bit. Biasanya produsen software memproduksi software untuk dua tipe ini. Jadi jangan salah memilih software. Software untuk Windows 64 bit tidak akan berjalan di Windows 32 bit. Untuk sebaliknya, saya belum tahu karena belum pernah mencoba.

4. Bagian-bagian lain dalam kotak merah tidaklah terlalu penting. Lainnya hanya berisi informasi sederhana saja, misalnya: nama komputer (Computer name), workgroup, dll. Yang paling sering berguna adalah bagian kota biru yang saya jelaskan di atas.

Ingin informasi spesifikasi komputer yang lebih detail?

Jika dengan cara di atas Anda merasa kurang detail, Anda dapat menggunakan fasilitas lain Windows, yaitu DxDiag. Berikut cara menggunakan DxDiag:

  • Tekan tombol windows dan huruf R.
  • Ketikkan “dxdiag”.
  • Di situ akan tercantum informasi komputer Anda dalam versi yang lebih lengkap – dan mungkin akan sedikit membingungkan bagi orang awam karena terlalu lengkap.
  • Di bagian atas terdapat 4 tab, yaitu system, display, sound, dan input. Berikut penjelasannya:
  1. System – Berisi informasi umum tentang komputer Anda. Hampir sama seperti informasi yang didapatkan dari cara pertama di atas.
  2. Display – Di sini berisi segala informasi tentang video card yang Anda gunakan. Jika ditanya seseorang,”Video card kamu apa?”, jawabnya ada pada tab ini, pada bagian “Chip Type”
  3. Sound – Di sini berisi tentang segala komponen penghasil suara, baik itu speaker ataupun sound card.
  4. Input – Berisi informasi alat-alat yang digunakan untuk memasukkan perintah, seperti keyboard dan mouse.

Itulah dua cara untum melihat spesifikasi komputer Anda dengan fasilitas bawaan Windows. Jika Anda ingin cara lainnya, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melihat spesifikasi komputer Anda.

Anda punya cara lain? Ceritakanlah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s